Sekilas info

Membangun Mahakam Ulu Untuk Semua Sejahtera Berkeadilan.

MUSRENBANG RPJPD KALTIM 2025 – 2045 dan RKPD KALTIM 2025 : SEKDA, UPAYAKAN PEMBANGUNAN OPTIMAL DI KABUPATEN MAHAKAM ULU

Tanggal: 2024-05-02 00:00:00

 

Kamis, 2 Mei 2024. Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu, Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,M.M., menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) mewakili Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan Geh, S.H., M.E., di Hotel Mercure Samarinda dengan tema rapat "penyelarasan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalimantan Timur tahun 2025 – 2045 dan juga dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kaltim Tahun 2025." 


Kegiatan Musrenbang dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si yang juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/BAPPENAS RI, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Wakil Bupati (Wabup) Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si., melalui daring. Selain itu hadir pula Ketua DPRD Prov. Kaltim Ir. H. Hasanuddin Mas’ud, S.Hut., M.E., Asisten Bidang Administrasi Umum (Asisten III) Mahulu Kristina Tening, S.H., M.Si., Kepala Bappalitbangda Mahulu Gerry Gregorius, S.E., M.Si., Ak., Ca., dan seluruh unsur forkopimda di lingkungan Pemprov. Kaltim, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi dan mitra pembangunan serta perwakilan asosiasi profesi yang hadir secara langsung di acara Musrenbang tersebut. 


Dalam pelaksanaan kegiatan Musrenbang RPJPD 2025 – 2045 dan RKPD 2025, seluruh peserta dari 10 Kabupaten/Kota yang ada dikalimantan timur diberikan kesempatan untuk menyampaikan usulan program dan kegiatan. 


Untuk usulan Kabupaten Mahakam Ulu disampaikan langsung oleh Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M selaku Sekretaris Daerah Kabupaten, dalam penyampaiannya Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu menjelaskan beberapa hal diantaranya, berkaitan dengan infrastuktur dasar jalan dan jembatan terutama yang menuju ke wilayah Kecamatan Long Apari. Kedua, pada sektor pertanian dan perkebunan juga menjadi salah satu fokus Pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu dengan memanfaatkan potensi daerah, mengingat peluangnya masih cukup besar. Ketiga, terkait Pendidikan dan Kesehatan, bahwa di Mahakam Ulu masih belum memiliki Rumah Sakit Umum Daerah dan saat ini masih berupa Rumah Sakit Pratama. Di harapkan dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat dapat memberikan support agar segera terwujud. 


Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kab. Mahakam Ulu kemudian melakukan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RPJPD Provinsi Kaltim Tahun 2025-2045 dan Musrenbang RKPD Provinsi Kaltim Tahun 2025. 


Sekretaris Daerah Kabupaten Mahakam Ulu mengharapkan dukungan serta dorongan dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat tetang kebutuhan anggaran untuk Mahakam Ulu, mengingat terdapat beberapa prioritas pembangunan salah satunya rencana pembangunan Bandara serta sektor - sektor pengembangan lainnya di Kabupaten Mahakam Ulu. Semoga kolaborasi Bantuan Keuangan benar – benar dapat merealisasikan anggaran, memantau dan mengevaluasi kebutuhan Kabupaten Mahakam Ulu yang telah dituangkan dalam kesepakatan berita acara, serta terus mengawal dan menginformasikan perkembangannya sehingga pada tahun 2025 program yang diusulkan bisa terakomodir dengan baik, imbuhnya.

Pengunjung

1,346,950

Klik

41,732

Hari Ini

88,137